Sabtu, 26 Januari 2013

Materi Prakerin ttg Radmin Secara Wireless


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
     Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan suatu lembaga pendidikan teknologi dimana mempunyai tujuan mendidik siswa-siswinya dengan keahlian dan keterampilan sesuai dengan kejuruannya masing-masing. Sehingga menjadikan lulusannya siap bekerja baik secara mandiri maupun mengisi lowongan pekerjaan yang ada di Dunia Usaha/ Dunia Industri (DU/DI) sebagai tenaga kerja tingkat menengah karena sudah berbekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki.
Mengetahui tujuan dari SMK, maka untuk tercapainya tujuan tesebut sebagai bentuk keberhasilan pendidikan perlu dan selalu diupayakan adanya inovasi guna peningkatan dan penyempurnaan segala perangkat pendidikan, seperti sarana dan prasarana, kurikulum, tenaga pengajar serta manageman yang baik.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa tugas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah mempersiapkan dan membekali lulusannya dengan disiplin dan ilmu pengetahuan serta keterampilan profesional di bidang teknologi sesuai dengan tuntutan Dunia Usaha/ Dunia Industri (DU/DI) pada umumnya.
Berdasarkan tuntutan tersebut maka Departemen Pendidikan Nasional menerapkan kurikulum 2004 yang mencantumkan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) sebagai bagian dari kurikulum yang harus  diikuti oleh siswa SMK sebagai wahana untuk pemberian bekal kemampuan keterampilan yang sesuai serta pengembangan diri tamatan yang berorientasi dan juga melibatkan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) didalamnya sebagai proses pendidikan dan pelatihan yang dilakukan diluar sekolah.
Sesuai dengan kebijakan tersebut, SMKN 1 Jamblang sebagai salah satu Sekolah Menengah Kejuruan kelompok teknologi industri menerapkan dan mewajibkan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) bagi siswa-siswi SMKN 1 Jamblang kelas XII semester V dengan masa PRAKERIN selama 3 bulan dan juga mencakup pembuatan laporan serta dilanjutkan dengan sidang pengujian laporan sebagai bentuk salah satu syarat mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN).
1.2. Dasar Hukum Prakerin
Dilaksanakannya Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) pada hakekatnya pasti mempunyai aturan-aturan, hukum atau dasar-dasar yang menjelaskan atau menggambarkan tentang prakerin itu sendiri, sehingga terciptalah prakerin sebagai bagian dari kurikulum yang harus diikuti dan dilaksanakan bagi seluruh siswa-siswi SMK dan salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN). Serta bertujuan untuk menjadikan sebagai lulusan mandiri dan siap bekerja sebagai calon tenaga kerja tingkat menengah.
Disamping hal-hal tersebut di atas, Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) memilki Dasar Hukum yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, yaitu :
a.       UUD 1945 alinea ke-4
b.      UU RI No. Tahun 2003
Bahwa tanggung jawab pendidikan harus melibatkan peran serta masyarakat. Oleh karena itu, keterlibatan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) secara menyeluruh untuk memajukan pendidikan dalam proses mencerdaskan anak bangsa adalah suatu bagian yang sangat diharapkan, karena pada akhirnya akan dapat mendorong kemajuan pembangunan secara nasional.
Selain didalam PP. No.29 Tahun 1990 Pasal 3 dan 2 tentang pendidikan menengah kejuruan mengutamakan siswa-siswi untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesional untuk dapat bekerja dalam bidang tertentu.
Hal ini sejalan denga kebijakan link dan match yang direncanakan pada dasarnya merupakan cara memandang bahwa pendidikan bagian integral dari kehidupan masyarakat. Oleh karena itu pendidikan harus dirancang dan dilaksanakan dalam kaitan yang harmonis, selaras dengan aspirasi kebutuhan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.
a.       KEP MEN DIK BUD No.323/U/1997
b.      KEP MEN DIK BUD No.080/U/1993
Atas dasar itu maka pendidikan tidak seharusnya sekedar pendidikan (education not just for the sake education) tetapi harus merupakan bagian-bagian integral dari upaya pengembangan SDM, dan jelas perencanaannya sebagai instrumental pembangunan dalam menghasilkan manusia-manusia selaku pembangun.
1.3. Tujuan dan Sasaran Prakerin
            a. Tujuan Prakerin
          Pada hakekatnya Sekolah Menengah Kejuran (SMK) mewajibkan siswa-siswi didiknya untuk melaksanakan prakerin tentunya mempunyai  suatu tujuan, diantaranya sebagai berikut :
1.      Memperoleh suatu keterampilan lebih yang belum pernah didapat dari sekolah.
2.      Memberi bekal siswa dengan pengalaman pekerjaan sesungguhnya didunia sebagai persiapan untuk menyesuaikan diri dalam Dunia Usaha/Dunia Industri(DU/DI).
3.      Meluaskan pandangan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan sesuai dengan program jurusannya yang ada pada tempat prakerin.
4.      Meningkatkan kemampuan keterampilan yang dimiliki seabgai calon tenaga kerja tingkat menengah yang berkualitas.
5.      Melatih cara siswa tentang bergaul komunikasi didalam Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI).
6.      Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
7.      Menghasilkan tenaga kerja yang memilliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang tinggi sesuai dengan tuntutan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI).
8.      Meningkatkan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas dan profesional.
b. Sasaran Prakerin
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan program keahlian di luar sekolah untuk memperdalam dan menghayati arti kerja dalam situasi sebenarnya, maka sebelum menyelesaikan pendidikannya, siswa-siswi diwajibkan melaksanakan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dan ditetapkan bagi seluruh  siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang bermanfaat apabila keluar /lulus dari Sekolah.
1.4. Waktu dan Tempat Melaksanakan Tempat Prakerin
            a. Waktu Melaksanakan Prakerin
PRAKERIN berlangsung selama kurang lebih 3 bulan yaitu dari tanggal 01 Juli sampai dengan 30 September 2012 dan dilanjutkan dengan penyusunan laporan sebagai bentuk pertanggung jawaban selama prakerin di sekolah. Adapun minimal pelaksanaannya yaitu selama 3 bulan.
Prakerin di PT. PLN (PERSERO) Rayon Sumber dimulai dari tanggal 02 Juli 2012 sampai dengan 30 September 2012 dengan sistem 5 hari kerja, yaitu dari hari Senin sampai dengan Jum’at. Dan waktu kerja dimulai dari pukul 07.30 WIB sampai dengan 16.30 WIB dengan waktu istirahat mulai pukul 12.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB, kecuali hari Jum’at waktu kerja dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB dengan waktu istirahat mulai pukul 11.30 WIB sampai dengan 13.00 WIB. Dan setiap hari Senin dan Kamis diadakan COC atau apel pagi.
b. Tempat Pelaksanaan Prakerin
        Prakerin dilaksanakan di PT. PLN (PERSERO) Rayon Sumber yang beralamat di Jalan Dewi Sartika No.130 Sumber-Cirebon. Siswa-siswi prakerin ditempatkan sesuai dengan jurusannya masing-masing, karena di PT. PLN (PERSERO) Rayon Sumber ini menerima siswa-siswi prakerin.
Siswa-siswi prakerin diwajibkan aktif selama kegiatan prakerin berlangsung karena pimpinan, pembimbing dan karyawan PLN Rayon Sumber berharap agar siswa-siswi prakerin bisa lebih memahami dan mengerti serta mendapatkan pengalaman yang belum pernah didapat dari pembelajaran disekolah.



BAB II
URAIAN UMUM

2.1. Gambaran Singkat DU/DI
Perjalanan PT. PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten ini cukup panjang.
     PT. PLN (PERSERO) Rayon Sumber beralamat di Jalan Dewi Sartika No.130 Sumber-Cirebon. Awal kelistrikan dibumi parahyangan sudah ada semenjak Pemerintah Kolonial Belanda masih bercokol di tataran tanah Sunda. Di tahun 1905, di Jawa Barat khususnya kota Bandung berdiri perusahaan yang mengelola penyediaan tenaga listrik bagi kepentingan publik. Nama perusahaan itu Bandungsche Electriciteit Maatschaappij (BEM).
Dalam perjalanannya, BEM pada tanggal 1 januari 1920 berubah menjadi Perusahaan Perseroan menjadi Gemeenschapplijk Electriciteit Bedrijf Voor Bandoeng (GEBEO) yang pendiriannya dikukuhkan melalui akte notaris Mr. Andriaan Hendrik Van Ophuisen dengan Nomor: 213 pada tanggal 31 Desember 1949.
Setelah kekuasaan penjajahan beralih ke tangan Pemerintah Jepang, di antara rentah waktu 1942 - 1945, pendistribusian tenaga listrik dilaksanakan oleh Djawa Denki Djigyo Sha Bandoeng Shi Sha dengan wilayah kerja di seluruh Pulau Jawa.
Setelah Indonesia merdeka, tahun 1957 menjadi awal penguasaan pengelolaan penyediaan tenaga listrik di tanah air yang ditangani langsung oleh Pemerintah Indonesia 27 Desember 1957, GEBEO diambil alih oleh Pemerintah Indonesia yang kemudian dikukuhkan lewat Peraturan Pemerintah No. 86 Tahun 1958. Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 1959.
Selanjutnya, di tahun 1961 melalui Peraturan Pemerintah No. 67 dibentuk Badan Pimpinan Umum Perusahaan Listrik Negara (BPU-PLN) sebagai wadah kesatuan pimpinan PLN. Sejalan dengan itu, PLN Bandung pun berubah menjadi PLN Exploitasi XI sebagai kesatuan BPU-PLN di Jawa Barat, di luar DKI Jaya dan Tangerang.
Pada tahun 1970-an dikeluarkan Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 1972 tentang Perusahaan Umum Listrik Negara yang menyebutkan status PLN menjadi Perusahaan Umum Listrik Negara. Kemudian, berdasarkan Pengumuman PLN Exploitasi XI No. 05/DIII/Sek/1975 tanggal 14 Juli 1975, PLN Exploitasi XI diubah namanya menjadi Perusahaan Umum Listrik Negara Distribusi Jawa Barat.
Memasuki era 1990-an, dengan adanya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 23 Tahun 1994 pada tanggal 16 Juni 1994, Perusahaan Umum Listrik Negara Distribusi Jawa Barat diubah lagi menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) dengan nama PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat sejak tanggal 30 Juli 1994.
Untuk memenuhi tuntutan perubahan dan perkembangan kelistrikan yang dari tahun ke tahun cenderung mengalami peningkatan, maka keluarlah Keputusan Direksi PT. PLN (Persero) No. 28.K/010/DIR/2001 tanggal 20 Februari 2001 yang menjadi landasan hukum perubahan nama PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat menjadi PT. PLN (Persero) Unit Bisnis Distribusi Jawa Barat.
Pada akhirnya, dengan mengacu pada Keputusan Direksi PT. PLN (Persero) No. 120.K/010/DIR/2002 tanggal 27 Agustus 2002, PT PLN (Persero) Unit Bisnis Distribusi Jawa Barat berubah lagi namanya menjadi PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten, di mana wilayah kerjanya meliputi Propinsi Jawa Barat dan Propinsi Banten, hingga saat ini.
2.2. Tata Tertib Kerja
Tata Tertib Kerja adalah segala peraturan dan larangan didalam bekerja agar dapat disiplin didalam melaksanakan pekerjaan serta tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan juga dilaksanakan pada tempat dimana berlakunya tata tertib tersebut.

Secara umum tata tertib kerja di DU/DI diantara lain sebagai berikut :
1.      Bersikap sopan dan santun serta bekerja secara jujur.
2.      Mempertahankan dan melaksanakan aturan-aturan keselamatan kerja yang diperlukan dalam melaksanakan suatu pekerjaan.
3.      Mentaati dan melaksanakan semua tata tertib yang diberlakukan diperusahaan dengan baik dan bekerja sama dengan karyawan yang ada diperusahaan tersebut.
Secara khusus tata tertib peserta prakerin dapat diuraikan sebagai berikut :
1.      Berada ditempat praktik jam 07.00 WIB sebelum kegiatan dimulai atau sesuai dengan ketentuan managemen perusahaan.
2.      Memberikan salam pada waktu datang dan pada waktu pulang.
3.      Datang dan pulang harus tepat waktu.
4.      Harus mentaati standar sikap pelayanan 7 S, yaitu : Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Segera, dan Solusi.
5.      Harus mentaati standar sikap pelayanan 5 T, yaitu : Tanggap, Tepat, Teliti, Tuntas Tanpa Tip, dan Tatap.
6.      Mengenakan pakaian seragam praktik sesuai dengan peraturan perusahaan  yang bersangkutan atau menggunakan pakaian praktik yang dimiliki sekolah.
7.      Memberitahu pada pimpinan/pembimbing diperusahaan tersebut apabila berhalangan hadir atau bermaksud ingin meninggalkan tempat praktik.
8.      Melaporkan dengan segera kepada tugas yang berwenang apabila terjadi kerusakan atau bahaya lainnya.
9.      Apabila menemui kesulitan harap segera memberitahukan dan membicarakan kepada pembimbing atau pokja Prakerin.
10.  Pelanggaran tata tertib akan dikenakan sangsi-sangsi sebagai berikut :
·         Peringatan secara lisan;
·         Peringatan secara tertulis;
·         Pengurangan nilai Prakerin dan;
·         Diserahkan kembali kepada orang tua atau ke pembimbing sekolah.
2.3. Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kesehatan dan keselamatan bekerja antara lain sebagai berikut :
1.      Sebelum praktik atau bekerja pakailah pakaian kerja(wear pack).
2.      Berdoalah sebelum praktik dan memakai pelindung badan disaat praktik.
3.      Gunakanlah peralatan sesuai dengan fungsinya.
4.      Patuhilah peraturan-peraturan dalam praktik sesuai dengan langkah kerja.
5.      Berhati-hatilah dalam praktik, konsentrasi, tidak boleh bergurau dan tidak boleh melamun.
6.      Dalam melaksanakan praktik hendaknya jangan terburu-buru.
7.      Kalau ada masalah dalam praktik dan tidak bisa mengatasinya laporkan kepada instruktur atau pembimbing.
8.      Setelah praktik, rapihkan dan bersihkan peralatan-peralatan yang digunakan.
9.      Bersihkan tempat praktik setelah praktik selesai.

2.4. Tata Letak Ruang

Keterangan :
1.      Pos Satpam                                         A. Meja Operator
2.      Ruang DG/Operator                           B. Ruang Server
3.      Ruang Pelayanan Pelanggan               C. Meja Manager/Pimpinan
4.      Ruang Manager/Pimpinan                   D. Administrasi
5.      WC/Kamar mandi                               E. Tagihan
6.      Ruang Tengah                                     F. P2TL
7.      Gudang Arsip                                     G. Distribusi
8.      Cater                                                                           Pintu
9.      Dapur                                                                          Pembatas
10.  Gudang                                                                       Gerbang
11.  Gudang Penyambungan
12.  Ruang Penyambungan
13.  Gudang Harkonst
14.  Mushollah
15.  Bengkel SeRaBuTaN (Semangat, Rajin Bukan Tanpa Alasan)
16.  Ruang Harkonst
17.  Kamar OB

BAB III
URAIAN KHUSUS

3.1. Materi Praktik
Pada masa modern seperti sekarang ini, tentunya perkembangan dari teknologi sangatlah pesat dan maju terutama dalam dunia IT (Informasi dan Teknologi) salah satu contohnya adalah perkembangan dunia komputerisasi. Komputerisasi kini sudah tidak begitu asing lagi terdengar dimana-mana, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.
Komputerisasi kini sudah dapat menguasai dunia. Perkembangannya sangat pesat dan cepat. Semakin bertambahnya tahun, semakin canggih pula komputer-komputer yang ada. Hal ini dapat di lihat dari banyaknya komponen-komponen dari komputer yang baru bermunculan dalam bentuk yang menarik, simple, dan canggih.
Dengan adanya hal itu, maka kebutuhan akan komputer semakin meninggi. Oleh karena itu manusia mencari hal baru dalam dunia komputer ini. Semenjak perkembangannya, maka muncul internet untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Internet sekarang berkembang sangat cepat dan pesat. Karena kemampuannya dalam menghubungkan orang-orang di seluruh dunia. Mereka bisa berkomunikasi walaupun dari jarak yang sangat jauh hingga menjangkau antar Negara bahkan sampai Benua. Sehingga bagi sebagian orang, membuka atau memakai Internet merupakan kewajiban yang harus di penuhi setiap harinya.
Tidak hanya seorang Administrator, bahkan Pimpinan suatu perusahaan atau kantor dapat mengawasi semua aktifitas karyawan mereka dengan Software Radmin ini. Jika terdapat karyawan atau staff yang sedang bermain game atau bermain Facebook disaat jam kerja, maka sang Pimpinan dapat dengan mudah untuk mematikan atau menutupnya. Atau bahkan dapat memanfaatkan software ini untuk menguasai komputer lawan.
Radmin salah satu Software komputer terbaru dalam dunia Internet, yaitu sebuah program yang dapat mengendalikan desktop komputer lain dari jarak jauh, melakukan transfer file dari host diambil ke remote maupun sebaliknya. Tetapi dalam penggunaan komputer dari jarak jauh, ini tidak hanya sebatas pada tampilan teks saja melainkan sampai pada tampilan desktop seperti halnya ketika menggunakan secara langsung.
Radmin umumnya di instal di PLN untuk mempermudah kerja para karyawan dalam aktivitasnya seperti meremot client dari komputer operator agar dapat mensharing data tanpa datang ke komputer client/user.
Karena itulah dalam kesempatan kali ini Penyusun mengambil Tema atau Judul tentang “Menggunakan Radmin Secara Wireless”. Dari pengertian Radmin sampai cara mengontrol komputer lain dengan radmin.
3.2. Dasar Teori
3.2.1. Radmin
a.      Pengertian Radmin
Remote Administration merupakan suatu metode pengendalian suatu sistem komputer secara remote atau dengan kata lain dari jarak yang jauh. Salah satu aplikasi remote yang terkenal hingga saat ini adalah Radmin yang saat tulisan ini dibuat telah mencapai versi 3.4 Radmin (Remote Administrator) adalah sebuah aplikasi remote control dan remote access yang memudahkan anda untuk meremote komputer secara real time seperti layaknya berhadapan dengan komputer menggunakan keyboard dan mouse komputer tersebut dan anda dapat mengaksesnya dari banyak tempat. Radmin memadukan banyak dukungan dari Windows Vista (32bit), file transfer, multi-user text dan voice chats, Windows security, Kerberos authentication, 256-bit AESencryption untuk seluruh data stream, telnet access, dukungan multiple monitor support dan teknologi unique Direct Screen Transfer.
Remote Administrator atau yang biasa disebut Radmin adalah sebuah software yang digunakan dalam jaringan untuk memantau, mengontrol, dan mengendalikan semua aktifitas dalam jaringan tersebut, sebenarnya Radmin bukanlah Tool untuk hacking tetapi menurut saya bisa juga dimanfaatkan dalam kegiatan hacking.
Karena fungsi Radmin dapat memantau, mengontrol dan mengendalikan aktifitas dalam jaringan, tentunya hal ini dapat memudahkan seorang Administrator dalam mengelola semua komputer dan jaringan yang ada.
Tidak hanya seorang Administrator, bahkan Pimpinan suatu perusahaan atau kantor dapat mengawasi semua aktifitas karyawan mereka dengan Software Radmin ini. Jika terdapat karyawan atau staff yang sedang bermain game atau bermain Facebook disaat jam kerja, maka sang Pimpinan dapat dengan mudah untuk mematikan atau menutupnya. Atau bahkan dapat memanfaatkan software ini untuk menguasai komputer lawan.
a.      Klasifikasi Radmin
Radmin terdiri dari dua modul :
1.      Viewer module (Radmin Viewer) : Radmin Viewer perlu diinstal dalam computer local seperti komputer rumah atau notebook yang anda inginkan untuk mengakses komputer remote.
2.      Server module (Radmin Server) : Radmin Server perlu diinstal dalam remote computer seperti komputer kantor yang di inginkan untuk di akses dari komputer di tempat anda.
b.      Fitur Utama dan Keuntungan Radmin 
1.      Meningkatkan Kecepatan Kerja.
Radmin is the fastest remote control perangkat lunak yang tersedia. Baru Direct Screen Transfer menggunakan teknologi video hook kernel mode driver untuk meningkatkan dan untuk menilai ratusan layar update per detik. Khusus optimasi bandwidth rendah memungkinkan untuk bekerja dengan nyaman bahkan pada modem dan koneksi GPRS.
2.      Tinggi Keamanan dan Reliabilitas.
Radmin bekerja dalam modus terenkripsi dimana semua data, screen gambar, gerakan mouse dan keyboard sinyal akan dienkripsi menggunakan AES 256-Bit kuat enkripsi dengan kunci yang dihasilkan secara acak untuk masing-masing sambungan. Radmin untuk otentikasi pengguna dapat menggunakan Windows keamanan baik dengan Active Directory dan mendukung Kerberos, atau sendiri dengan keamanan pengguna individu perizinan dan aman login / password authentication. Radmin keamanan menggunakan Diffie-Hellman berbasis pertukaran kunci 2048-bit dengan ukuran kunci. Tambahan IP filter memungkinkan akses hanya dari jaringan dan host tertentu.
3.      Teks dan Voice Chat.
Chatting teks, suara dan chatting kirim pesan modus yang baru untuk Radmin versi 3.4, semua dikembangkan untuk membantu berkomunikasi dengan orang yang bekerja jauh bisa terhubung kekomputer.
4.      Penggunaan yang Mudah.
Radmin sangat mudah untuk mempelajari dan gunakan. Sebagian besar pengguna kami sepakat bahwa keuntungan besar dari Radmin adalah kesederhanaan. Oleh semua laporan, antar muka yang intuitif dan program ini sangat mudah digunakan. Tidak seperti bloatware, Radmin tidak sia-sia value added fitur yang membuatnya bekerja dengan keras, sulit untuk belajar, atau hobbles kinerjanya.
5.      Secure " Drag and Drop " file Transfer with " Delta Copy ".
Radmin dengan mudah dapat menarik dan menjatuhkan file apapun hingga 2GB Explorer seperti melalui antar muka ke atau dari remote komputer dienkripsi siaga. Radmin mempunyai fitur yang digunakan ketika menyalin file yang memungkinkan memperbarui hanya merupakan bagian dari file yang berbeda di kedua mesin. Fitur ini disebut " Delta Copy " sejak hanya file perbedaan (delta) akan disalin. Memungkinkan operasi terus menyalin setelah kesalahan jaringan dari tempat terjadi kesalahan dan bukan dari awal.
6.      Variabel Remote Screen.
Jauh melihat modus layar penuh termasuk Screen, skala dan Windowed. Full-Screen Mode memungkinkan anda melihat layar jauh di seluruh layar tampilan. Skala Mode memungkinkan melihat skala jauh layar dalam sebuah jendela dengan ukuran yang ditetapkan pengguna. Radmin juga mendukung Resolusi Tinggi dan Beberapa modus monitor.
7.      Multilingual
Radmin memiliki dukungan multi menggunakan bahasa per satu file sehingga tidak diperlukan untuk men-download dan re-install Radmin untuk setiap bahasa.
8.      Multiple Connections Support
Radmin mendukung bersamaan beberapa sambungan ke layar yang sama jauh. Ini berarti dapat mengundang teman atau untuk melihat layar jarak jauh atau dapat melihat atau kontrol beberapa jauh dari komputer layar.
9.      Free Technical Support E-mail
Famatech pasokan GRATIS dukungan teknis kami terdaftar pelanggan. Dapat menggunakan layanan online helpdesk untuk mengirimkan pertanyaan teknis. Biasanya kita memecahkan masalah teknis dalam waktu 24 jam. Please, menggunakan bahasa Inggris ketika Famatech menghubungi dukungan teknis.
c.       Manfaat Radmin
Radmin menggunakan protocol TCP/IP yang merupakan protocol paling banyak dan paling luas digunakan di dalam jaringan LAN, WAN dan Internet. Yang artinya dapat mengakses remote komputer anda dari manapun di seluruh dunia. Radmin dapat digunakan untuk :
·         Mengoperasikan komputer rumah kantor secara remote.
·         Menyediakan fungsi bantuan (helpdesk function) untuk para Remote User .
·         Mengelola dengan mudah jaringan rumah atau kantor secara remote.
Bagaimana Radmin bekerja, dapat melihat layar komputer yang diremote dalam tampilan layar monitor, dan seluruh sinyal pergerakan mouse dan keyboard akan ditransfer secara langsung ke komputer remote. Dapat menjalankan komputer remote seperti komputer biasa di depan. Dapat mengaksesnya secara remote computer yang sama dari berbagai tempat dan menggunakan file transfer lebih lanjut, teks dan voice chat, remote shutdown, Telnet dan berbagai fitur yang ditawarkannya.
d.      Kelebihan Dan Kekurangan
1.      Kelebihan
v  Dapat mengatur atau mengendalikan computer yang telah di install remote service dari jarak jauh.
v  Dapat memonitor komputer dari jarak jauh.
v  Dapat men-shu down dan merestart computer.
v  Dapat melakukan pertukaran data antara komputer.
v  Operator bisa memantau apa saja yang dilakukan para client saat online.
v  Transfer file, dari server ke klient maupun sebaliknya tanpa menggunakan Flashdisk dan tidak perlu sharing-sharing folder.
v  Menghapus file dari klient
v  Bisa mengontrol seluruh perangkat pada client (Keyboard + mouse), ini memudahkan operator dalam men-setting komputer client yang bermasalah tanpa harus menuju ke tempat client tersebut.
2.      Kekurangan
v  User akan terganggu.
v  Remote administrator hanya bisa dilakukan pada satu jaringan (satu ring).
v  Remote administrator tidak bisa melanggar prefeksi.
v  Jika IP addressnya dari DHCP server remote administrator tidak bisa dijalankan.
v  Remote administrator tidak bisa berjalan jika IP address berbeda (yang satu statis dan yang satunya lagi dinamis).
3.2.2. Wireless
a. Pengertian Wireless
Pengertian wireless adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media perantara pengganti kabel. Sekarang ini teknologi wireless berkembang sangat pesat sekali, secara kasat mata dapat kita lihat dengan semakin banyaknya penggunaan telepon sellular, disamping itu berkembang juga teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet.
Sejarah Wireless
Pada akhir 1970-an IBM mengeluarkan hasil percobaan mereka dalam merancang WLAN dengan teknologi IR, perusahaan lain seperti Hewlett-Packard (HP) menguji WLAN dengan RF. Kedua perusahaan tersebut hanya mencapai data rate 100 Kbps. Karena tidak memenuhi standar IEEE 802 untuk LAN yaitu 1 Mbps maka produknya tidak dipasarkan. Baru pada tahun 1985, (FCC) menetapkan pita Industrial, Scientific and Medical (ISM band) yaitu 902-928 MHz, 2400-2483.5 MHz dan 5725-5850 MHz yang bersifat tidak terlisensi, sehingga pengembangan WLAN secara komersial memasuki tahapan serius. Barulah pada tahun 1990 WLAN dapat dipasarkan dengan produk yang menggunakan teknik spread spectrum (SS) pada pita ISM, frekuensi terlisensi 18-19 GHz dan teknologi IR dengan data rate >1 Mbps.
Pada tahun 1997, sebuah lembaga independen bernama IEEE membuat spesifikasi/standar WLAN pertama yang diberi kode 802.11. Peralatan yang sesuai standar 802.11 dapat bekerja pada frekuensi 2,4GHz, dan kecepatan transfer data (throughput) teoritis maksimal 2Mbps.
Pada bulan Juli 1999, IEEE kembali mengeluarkan spesifikasi baru bernama 802.11b. Kecepatan transfer data teoritis maksimal yang dapat dicapai adalah 11 Mbps. Kecepatan transfer data sebesar ini sebanding dengan Ethernet tradisional (IEEE 802.3 10Mbps atau 10Base-T). Peralatan yang menggunakan standar 802.11b juga bekerja pada frekuensi 2,4Ghz. Salah satu kekurangan peralatan wireless yang bekerja pada frekuensi ini adalah kemungkinan terjadinya interferensi dengan cordless phone, microwave oven, atau peralatan lain yang menggunakan gelombang radio pada frekuensi sama.
Pada saat hampir bersamaan, IEEE membuat spesifikasi 802.11a yang menggunakan teknik berbeda. Frekuensi yang digunakan 5Ghz, dan mendukung kecepatan transfer data teoritis maksimal sampai 54Mbps. Gelombang radio yang dipancarkan oleh peralatan 802.11a relatif sukar menembus dinding atau penghalang lainnya. Jarak jangkau gelombang radio relatif lebih pendek dibandingkan 802.11b. Secara teknis, 802.11b tidak kompatibel dengan 802.11a. Namun saat ini cukup banyak pabrik hardware yang membuat peralatan yang mendukung kedua standar tersebut.
Pada tahun 2002, IEEE membuat spesifikasi baru yang dapat menggabungkan kelebihan 802.11b dan 802.11a. Spesifikasi yang diberi kode 802.11g ini bekerja pada frekuensi 2,4Ghz dengan kecepatan transfer data teoritis maksimal 54Mbps. Peralatan 802.11g kompatibel dengan 802.11b, sehingga dapat saling dipertukarkan. Misalkan saja sebuah komputer yang menggunakan kartu jaringan 802.11g dapat memanfaatkan access point 802.11b, dan sebaliknya.
Pada tahun 2006, 802.11n dikembangkan dengan menggabungkan teknologi 802.11b, 802.11g. Teknologi yang diusung dikenal dengan istilah MIMO (Multiple Input Multiple Output) merupakan teknologi Wi-Fi terbaru. MIMO dibuat berdasarkan spesifikasi Pre-802.11n. Kata ”Pre-” menyatakan “Prestandard versions of 802.11n”. MIMO menawarkan peningkatan throughput, keunggulan reabilitas, dan peningkatan jumlah klient yang terkoneksi. Daya tembus MIMO terhadap penghalang lebih baik, selain itu jangkauannya lebih luas sehingga dapat menempatkan laptop atau klient Wi-Fi sesuka hati. Access Point MIMO dapat menjangkau berbagai perlatan Wi-Fi yg ada disetiap sudut ruangan. Secara teknis MIMO lebih unggul dibandingkan saudara tuanya 802.11a/b/g. Access Point MIMO dapat mengenali gelombang radio yang dipancarkan oleh adapter Wi-Fi 802.11a/b/g. MIMO mendukung kompatibilitas mundur dengan 802.11 a/b/g. Peralatan Wi-Fi MIMO dapat menghasilkan kecepatan transfer data sebesar 108Mbps.
3.3. Kegiatan Praktik
3.3.1. Alat dan Bahan
Alat dan Bahan yang diperlukan adalah sbb :
Ø  Sediakan 2 Komputer atau lebih
Ø  Master Radmin
Ø  Sebuah perangkat Wireless
3.3.2. Langkah Kerja
A. Instalasi Radmin Server 3.4
1. Buka master Radmin rserv34.
2. Dobel klik file rserv34 - Next - klik I accept ... - Next - Install Finish.
Gambar 3.2. Tampilan Awal Radmin Server 3.4
3. Restart komputer anda dengan mengklik Yes.
Gambar 3.3. Tampilan Radmin Server 3.4 Installer    Information
4. Setelah PC hidup lagi mulai melakukan konfigurasi, klik Start - All Programs -Radmin Server 3 - Setting for Radmin Server, kemudian klik Permissions - muncul jendela Radmin Server Security Mode klik Permissions.
Gambar 3.4. Tampilan Setting For Radmin Server
5. Terbuka jendela Radmin Security, klik Add User ... isi User   name dan Password - klik OK.
     Gambar 3.5. Tampilan Radmin Securit
6. Klik All Access, sehingga Admin_1 mempunyai semua hak akses(full control) - klik OK (pada jendela Radmin Sever Security Mode juga).
Gambar 3.6. Tampilan Radmin User
7. Untuk mengakhiri setting ini klik Exit
Gambar 3.7. Tampilan Setting for Radmin Server
8. Langkah selanjutnya adalah setting Firewall agar aplikasi Radmin tidak diblokir oleh firewall, yaitu masuk Control Panel - dobel klik Windows Firewall – klik Allow a program or feature through Windows Firewall - Change Setting – cari Radmin Server 3.4 dan centang pada Public - klik OK - Close firewall.
Gambar 3.8. Tampilan Setting Firewall
Proses setting Radmin Server selesai, jika ingin menambahkan User lakukan seperti tahap 4 sampai 7.
B. Setting Radmin Viewer 3.4
1. Buka master Radmin rview, kemudian dobel klik file rview34 - Next - klik I accept ... - Next - Install – Finish.
2. Buka Radmin Viewer melalui klik Start - All Programs – Radmin Viewer 3, maka terbuka jendela berikut :
Gambar 3.9. Tampilan Radmin Viewer
3. Klik menu Connection - New Connection untuk membuat koneksi dan mengontrol komputer remote yang telah diinstal Radmin Server 3.4, beri nama pada kotak Name of entry dan isikan IP address computer remote, untuk itu semua  alamat IP komputer di-setting secara statis.
Gambar 3.10. Tampilan New Connection
4. Untuk menambahkan koneksi lain lakukan seperti tahap no. 3 sebanyak jumlah komputer pada jaringan.
Gambar 3.11. Tampilan Radmin Viewer
5. Mulai mengontrol, contoh dobel klik PC 1 maka terlihat jendela berikut dan isilah User name dan Password sesuai dengan setting Permissions Radmin Server.
Gambar 3.12. Tampilan User Name dan Password
6. Selanjutnya nampak PC 1 terlihat di monitor, sehingga bisa dikontrol sesuai dengan keinginan.
Gambar 3.13. Tampilan akhir installer Radmin Viewer.
7. Bila hendak mengontrol PC lain lakukan seperti langkah no.5 
Gambar 3.14. Tampilan Akhir Mengontrol PC
3.3.3. Prosedur Pengujian
Jika proses instalasi Radmin sudah selesai, maka selanjutnya melakukan pengetesan atau pengujian. Dengan cara sebagai berikut :
Ø  Klik start, kemudian pilih Run, lalu ketik CMD
Gambar 3.15. Tampilan Run
Ø  Kemudian ketikkan alamat IPnya, misal : Ping 192.168.0.1
Gambar 3.16. Tampilan Teks untuk mengisi alamat IP
Ø  Jika muncul pesan “Replay from 192.168.0.1”, maka menandakan bahwa koneksi jaringannya berhasil.
Gambar 3.17. Tampilan berhasil

3.3.4. Masalah Dan Pemecahan
·         Sambungan remote telah habis waktunya. Silakan mencoba terhubung ke komputer jauh lagi.
Penyebab: terminal server terputus sesi karena tidak mengirim tanggapan dalam batas waktu yang ditentukan untuk tanggapan.
Solusi: Cobalah menghubungkan ke server terminal lagi. Jika melihat pesan ini lagi, coba kembali nanti. Jika terus melihat pesan ini, hubungi administrator server.
·         Sesi remote terputus karena batas waktu logon total tercapai. batas ini ditentukan oleh administrator server atau oleh kebijakan jaringan.
Penyebab: koneksi ke server terminal melebihi batas waktu.
Solusi: Cobalah menghubungkan ke server terminal lagi.
Jika melihat pesan ini lagi, coba kembali nanti. Jika terus melihat pesan ini, hubungi administrator server.
·         Nama komputer yang ditentukan mengandung karakter tidak valid. Harap verifikasi nama dan coba lagi.
Penyebab: nama komputer remote tidak benar. Ini mungkin kesalahan mengetik.
Solusi: Coba mengetik nama komputer jauh lagi. Jika melihat pesan yang sama, hubungi administrator server untuk memastikan menggunakan nama yang benar untuk komputer remote.
·         Komputer remote yang ditentukan tidak dapat ditemukan. Verifikasi bahwa telah mengetik nama komputer atau alamat IP yang benar, dan kemudian hubungkan lagi.
Penyebab: Nama atau alamat IP komputer remote tidak benar. Ini mungkin kesalahan mengetik.
Solusi: Coba mengetik nama atau alamat IP komputer jauh lagi. Jika melihat pesan yang sama, hubungi administrator server untuk memastikan menggunakan nama yang benar atau alamat IP untuk komputer remote.
·         Klien tidak bisa terhubung. Tidak dapat menghubungkan ke komputer yang sama.
Penyebab: Login ke komputer dan mencoba untuk terhubung ke komputer yang sama.
Solusi: Jika tidak pada komputer yang sama, hubungi administrator server.
·         Klien tidak bisa terhubung ke komputer remote. Koneksi Remote mungkin tidak diaktifkan atau komputer mungkin terlalu sibuk untuk menerima koneksi baru. Hal ini juga mungkin masalah jaringan yang mencegah koneksi. Silakan coba lagi nanti koneksi. Jika masalah terus terjadi, hubungi administrator.
Penyebab: remote komputer mungkin tidak ditetapkan untuk menerima koneksi jauh.
Solusi: Cobalah menghubungkan ke komputer remote kemudian. Jika melihat pesan yang sama, hubungi administrator server.
·         Kesalahan keamanan, klien tidak bisa terhubung ke komputer remote. Verifikasi bahwa logon ke jaringan, dan kemudian hubungkan lagi.
Penyebab: Penyebab paling umum adalah kesalahan atau menurunnya jaringan.
Solusi: Pastikan komputer terhubung ke jaringan, dan kemudian mencoba untuk menghubungkan kembali nanti. Jika masih tidak dapat tersambung, hubungi administrator server.
·         Sesi remote terputus karena komputer remote rendah pada memori.
Penyebab: kesalahan memori memiliki berbagai penyebab, tapi hasilnya adalah sama. Komputer remote tidak memiliki cukup memori untuk memulai dan mempertahankan hubungan sedang berusaha untuk membuat.
Solusi: Hubungi administrator server. Karena kesalahan yang tidak diketahui, maka sesi remote akan terputus. Komputer lokal mungkin rendah pada memori. Tutup beberapa program, dan kemudian hubungkan ke komputer jauh lagi.
·         Komputer ini tidak dapat terhubung ke komputer remote. Masalahnya mungkin karena virtual memory rendah pada komputer. Tutup program lain, dan kemudian hubungkan lagi. Jika masalah berlanjut, hubungi administrator jaringan atau dukungan teknis.
Penyebab: Ada tidak cukup tersedia akses memori remote (RAM) pada komputer. Dalam hal ini, komputer tidak bisa bebas kapasitas pemrosesan yang cukup untuk memulai fungsi baru, seperti aplikasi atau koneksi.
Solusi: Tutup semua program yang tidak perlu, dan mencoba koneksi lagi.
BAB IV
PENUTUP

4.1. Kesimpulan
            Dengan diadakannya kegiatan PRAKERIN (Praktik Kerja Industri) ini sesuai dengan judul laporan “Menggunakan Radmin secara Wireless”, penyusun dapat menyimpulkan bahwa Radmin (Remote Administrator) merupakan suatu metode pengendali suatu sistem komputer secara remote atau dengan kata lain dari jarak yang jauh.
            Selain memudahkan untuk meremote komputer secara real time seperti layaknya berhadapan dengan komputer menggunakan keyboard dan mouse komputer tersebut dapat mengaksesnya dari banyak tempat. Radmin juga memadukan banyak dukungan dari windows vista (32 bit), file transfer, multi user teks dan voice chats, windows security, kerberos authentication, 256-bit AESencryption untuk seluruh data stream, telnet access, dukungan multiple monitor support dan tecnologi unique Direct Screen Transfer.
4.2. Saran
Ø  Bagi Pihak Sekolah
v  Pihak sekolah harus lebih aktif dalam melakukan kerjasama dengan pihak industri untuk mempermudah siswa dalam melaksanakan PRAKERIN maupun memperoleh peluang kerja.
v  Guru pembimbing sebaiknya lebih sering memonitoring siswanya di lapangan.
v  Pihak sekolah sebaiknya tidak memberikan informasi mengenai kegiatan pasca PRAKERIN secara mendadak.
v  Pihak sekolah diharapakan lebih meningkatkan koordinasi baik dengan pihak perusahaan maupun siswa PRAKERIN.
v  Pada mata pelajaran kejuruan diharapkan lebih banyak praktik, agar tidak kaku dalam kegiatan PRAKERIN.
v  Bagi setiap rumpun jurusan hendaknya memperlengkap peralatan yang menunjang kegiatan praktik siswa agar kompetensi siswa lebih baik dan siswa dapat kompeten dalam mata pelajaran produktif.
Ø  Bagi Pihak Industri
v  Diharapkan adanya kerjasama yang berkesinambungan pada tahun mendatang.
v  Diharapkan perusahaan lebih memperhatikan kesejahteraan pekerja dan siswa PRAKERIN.
v  Perusahaan agar lebih memperhatikan siswa PRAKERIN dalam melaksanakan kinerjanya.
v  Adanya variasi materi yang diberikan.
v  Atasan maupun pembimbing sebaiknya bisa memberikan contoh sikap kerja yang lebih baik bagi siswa PRAKERIN.
DAFTAR PUSTAKA

Ø  www.Sinau-Belajar Blogspot.com
Ø  www.javakreativity.com
Ø  Ebenk789.com
Ø  POKJA PRAKERIN.2012.Jurnal Kegiatan Prakerin.Cirebon.
SMKN 1 Jamblang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar